TUGAS KELOMPOK MODUL 5
MAKALAH MENULIS
AKADEMIK
Makalah untuk memenuhi tugas mata kuliah
Bahasa Indonesia SD/MI
Dosen Pengampu
DR.H. SULTHAN SYAHRIL, M.Ag
DR.JUHAITI YUSUF, M.Ag
Oleh
KELOMPOK DUA
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM DMS S1
KE 2
KELAS A
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum wr.wb.
Hamdan lillah,
puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan taufiq inayah dan ridlo- Nya sehingga penulis dalam
menyelesaikan Makalah Mata Kuliah Bahasa
Indonesia SD/MI dengan Judul “ Menulis
Akademik”, yang sangat sederhana ini .
Pembuatan makalah sebagai penyelesaian tugas kelompok dalam mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia SD/MI yang diasuh oleh Bapak. DR.H. SULTHAN SYAHRIL, M.Ag dan Ibu DR.JUHAITI YUSUF, M.Ag pada Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan
Lampung.
Penulis menyadari,
bahwa makalah ini belum paripurna , saran dan kritik dari semua pihak sifatnya
membangun sangat diharapkan demi
sempurnanya pembuatan makalah-makalah berikutnya. Mudah-mudahan makalah ini
bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya.
Wassalamu’alaikum, wr,wb
|
Bandar Lampung, Nov 2013
Penulis
Kelompok
II
|
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL.............................................................................................
KATA
PENGANTAR
..........................................................................................
DAFTAR
ISI ........................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN....................................................................................
BAB
II
PEMBAHASAN......................................................................................
A.
Makalah.......................................................................................
B.
Menulis
Artikel...........................................................................
C.
Menulis Proposal Penelitian ......................................................
BAB
III KESIMPULAN........ .............................................................................
DAFTAR
PUSTAKA...........................................................................................
|
i
ii
iii
1
3
4
9
6
9
11
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pengembangan kemahiran
menulis akademik tentang masalah-masalah bidang studi dengan konteks Indonesia
memiliki peran penting dalam pengembangan kepribadian mahasiswa sebagai insan
Indonesia yang terpelajar. Terkait dengan keyakinan ini, mahasiswa dilibatkan
dalam berbagai kegiatan yang membantu mereka untuk mencapai pemahaman yang
mantap tentang pengertian tulisan akademik dengan kriterianya, dan ragam
tulisan akademik seperti makalah, artikel, dan laporan
Kemudian mereka diberi
tugas untuk menyusun disertasi dalam mencapai gelar doktor
(S-3), tesis untuk mencapai gelar master (S-2), skripsi untuk
mencapai gelar sarjana (S-1) selain itu , mahasiswa
juga dituntut untuk membuat makalah, artikel, dan laporan akademik,
dengantopik-topik permasalahan dalam bidang studinya masing-masing tetapi dalam
konteks Indonesia. Proses tersebut melibatkan penyusunan, penyuntingan (karya
sendiri dan karya orang lain), dan perbaikan. Hasil akhir adalah makalah
mahasiswa yang telah direvisi. Untuk itu para penulis karya ilmiyah harus
mempunyai sikap ilmiyah dianataranya : Sikap kritis, sikap ingin tahu, sikap terbuka, sikap obyektif, sikap rela
menghargai karya orang lain, sikap berani mempertahankan kebenaran, dan sikap
menjangkau kedepan.
Ketakutan akan gagal
bukanlah penyebab yang harus dipertahankan. Itulah salah satukiat yang
ditawarkan oleh David Nunan (1991:86-90). Dia menawarkan konsep
pengembanganketerampilan menulis yang meliputi:
(1) perbedaan antara
bahasa lisan dan bahasa tulis,(2) menulissebagai proses dan menulis sebagai
produk,(3) strukutur generik wacana tulis, (4) perbedaan antarapenulis terampil
dan penulis tidak terampil, dan (5) penerapan keterampilan menulis
dalampembelajaran.
B. Rumusan Masalah
1. Apa saja yang termasuk dalam konsep menulis Akademik?
2. Apa pengertian Makalah, Artikel, dan laporan penelitian?
3. Apa saja yang menjadi perencanaan pembuatan Makalah, Artikel, dan laporan
penelitian?
4. Bagaimana cara menyusun Makalah,
Artikel, dan laporan penelitian?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Makalah
1.
Pengertian Makalah
Makalah termasuk salah satu jenis
karya tulis ilmiah. Karya Tulis ilmiah
adalah karangan yang disusun berdasarkan sistematika keilmuan yang disajikan
fakta umum dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar[1].
Sedangkan makalah itu sendiri adalah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik
tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan atau yang
berkaitan dengan seminar, simposium, diskusi, atau kegiatan ilmiah lainnya.
2.
Karakteristik Makalah
Makalah mempunyai
beberapa karakateristik yaitu :
a. Makalah merupakan hasil dari sebuah kajian literatur atau laporan suatu
kegiatan lapangan.
b. Makalah adalah wujud mendskripsikan pemahaman penulis tentang masalah teoririk yang dikaji.
c. Menunjukkan kemampuan penulis terhadap isi dari berbagai sumber yang
digunakan.
d. Manunjukkan kemampuan penulis untuk meramu berbagai sumber informasi dalam
satu kesatuan sintesis yang utuh.[2]
3. Jenis makalah
Dalam kegiatan
akademik maupun nonakademik, secara umum, makalah dibedakan menjadi dua, yaitu :
a.
Makalah biasa (common paper)
Makalah biasa
adalah makalah yang dibuat seseorang (mahasiswa) untuk menunjukkan pemahamannya
terhadap permasalahan yang dibahas. Penulis
makalah hanya mendeskripsikan berbagai aliran teori atau pandangannya terhadap
masalah yang dikaji atau dibicarakan. Penulis pada umumnya memberi tanggapan,
kritik, atau saran mengenai aliran tertentu atau pendapat yang dikemukakan
orang lain, tetapi tidak memihak pada salah satu aliran teori tertentu atau
pendapat orang lain tersebut. Di samping itu,
makalah biasa bisa juga berisi pendeskripsian suatu kebijakan, gagasan atau
temuan penulis makalah kepada masyarakat.
b.
Makalah posisi (position
paper),
Didalam Makalah posisi penulis tidak hanya dituntut mempelajari aliran teori tertentu, tetapi juga
berbagai aliran dan pandangan orang yang berbeda-beda. Dari aliran yang
bermacam-macam dan pandangan yang berbeda-beda itulah, penulis dapat memihak
salah satu aliran dan pendapat orang tertentu, atau dapat membuat suatu
sintesis dari beberapa aliran dan pandangan orang lain tersebut. Jadi, dalam
membuat makalah jenis ini, penulis harus mempunyai kemampuan untuk melakukan
analisis, sintesis dan evaluasi.[3]
4.
Sistematika
makalah
Dalam
penulisan makalah memliki sistematika yang berbeda-beda , tergantung pada
lembaga atau editor yang akan menerbitkan makalah tersebut. Salah satu
sistematika makalah tersebut terdiri
atas : a) Pendahuluan b)Isi c) Penutup Namun, adakalnya yang di tambahkan semisal : a) Judul b) abstrak c) pendahuluan
d) metode e) pembahasan f) Kesimpulan g) Ucapan trimakasih h)Daftar Pustaka
B.
Menulis
Artikel
1.
Pengertian
Artikel
Kata artikel (article) dapat
dipahami sebagai laporan atau karangan ataupun tulisan tentang suatu masalah
berikut pendapat penulisnya tentang masalah tersebut
yang dimuat
dimedia masa cetak. Secara difinitip artikel artinya sebuah karangan
faktual non fiksi tentang suatau masalah secara lengkap , yang panjang tidak
menentu, untuk dapat dimuat dimedia cetak,
dengan tujuan untuk menyampaikan
gagasan dan fakta yang berguna untuk meyakinkankan, mendidik serta
memecahkan suatu masalah.
Artikel masuk kedalam kata gori
views (pandangan). Hal ini dimaksudkan bakwa artikel adalah suatu tulisan yang
berisi pandangan, ide, opini, dan penilain penulisnya tentang suatu masalah
atau petistiwa.
2.
Tahap-tahap
penulisan artikel
Tahap-tahapan dalam
penulisan artikel adalah sebagai
berikut :
a.
Memunculkan latar belakang masalah
b.
Mengidentifikasi masalah
c.
Analisis
d.
Kesimpulan
3.
Jenis-jenis
Artikel
Secara garis besarnya jenis-jenis artikel meliputi:
a.
Artikel Deskriptif (to describe
=menggambarkan) adalah sebuah tulisan yang isinya menjelaskan, menguraikan secara detail
ataupun garis besarnya tentang suatu
masalah sehingga pembaca mengetahui
secara utuh masalah yang dikemukakan.
b.
Artikel eksplanatif (to explain =
menerangkan, menjelaskan) adalah sebuah tulisan yang isinya menerangkan
sejelas-jelasnya tentang suatu masalah, sehingga si pembaca memahami betul
masalah yang dikemukakan.
c.
Artikel Prediktif (to predict =
meramalkan) adalah sebuah tulisan yang berisi prediksi , ramalan atau dugaan
apa yang kemungkinan terjadi pada masa yang akan datang, berkaitan dengan
masalah yang dikemukakan.
d.
Artikel Preskriptif (to prescribe = menentukan , menuntun) adalah
sebuah tulisan yang isinya mengandung ajakan, imbauan, atau perintah terhadap
pembaca agar melakukan sesuatu.
Umumnya ke
empat artikel tersebut diatas dapat dikenali dari contoh berikut :
a.
Strategi pembengunan masyarakat
madani (deskriptif)
b.
Mengapa terjadi kerusuhan?
(eksplanatif)
c.
Tantangan bangsa Indonesia pada abad
21 (Prediktif)
d.
Mewaspadai AIDS : hindari seks bebas
(preskriptif)
4.
Cara mulai
menulis artikel
a.
Adanya kemauan menulis
b.
Adanya motivasi menulis
c.
Menggali ide
d.
Mengumpulkan bahan
e.
Mentuangkal tulisan
C. Menulis Proposal Penelitian
1.
Pengertian Laporan
Secara umum
laporan adalah segala aesuatu yang dialaporkan. Sedangkan pngertian secara
kusus, laporan dapat diartikan :
a.
Laporan adalah suatu cara komunikasi penulis dalam
menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan usaha karena tanggung
jawab yang dibebankan kepadanya.
b.
Laporan adalah suatu macam dokumen
yang menyampaikan informasi mengenai sebuah masalah yang telah atau tengah
diselidiki dalam bentuk fakta-fakta yang diarahkan kepada pemikiran dan
tindakan yang diambil.
c.
Laporan adalah tulisan panjang yang
berisi kejadian berikut persoalannya, berdasarkan pengamatn sendiri.
Jadi Proposal Penelitian adalah
rancangan penelitian mahasiswa yang diajukan untu memenuhi persyaratan kegiatan
penelitian dan seminar proposal serta penentuan SK pembimbing.
2.
Dasar-dasar
Laporan
a.
Pemberi Laporan
Pemberi laporan merupakan perseorang atau sebuah tim
yang ditugaskan untuk maksud tertentu dan menuliskan hasil laporannya, tugasnya
kepada orang atau badan yang dianggap perlu menggetahuinya walaupun tidak
diminta.
b.
Penerima Laporan
Penerima laporan merupakan orang atau badan yang
menugaskan dan dianggap perlu mendapatkan laporan itu.
c.
Tujuan laporan
Tujuan laporan tergantung dari situasi yang ada antara
pemberi dan penerima laporan. Tujuan laopran umumnya berkisar pada hal-hal
berikut, diantaranya :
1)
Untuk mengatasi suatu masalah
2)
Untuk mengambil keputusan yang lebih
efektif
3)
Untuk mengetahui kemajuan dan
perkembangan sautu masalah
4)
Untuk mengadakan pengawasan dan
perbaikan
5)
Untuk menemukan tehnik-tehnik baru
3.
Macam-macam
laporan
a.
Berdasarkan bentuknya laporan dapat
dibedakan menjadi :
1)
Laporan berbentuk formulir isian
2)
Laporan berbentuk surat
3)
Laporan benbentuk momerandum
4)
Laporan perkembangan dan laporan
keadaan
5)
Laporan berkala atau periodik
6)
Laporan labotoris
7)
Laporan formal dan semi formal
b.
Berdasarkan isi, laporan dapat
dibedakan menjadi :
1)
Laporan Pengamatan
2)
Laporan penelitian
3)
Laporan penglaman
4)
Laporan hasil diskusi atau rapat
c.
Unsur-unsur dalam laporan
1)
Halaman Judul
2)
Surat penyerahan
3)
Surat pengantar
4)
Daftar isi
5)
Iktusar dan abstrak
6)
Pendahuluan
7)
Latar belakang masalah
8)
Rumusan masalah
9)
Tujuan penelitian
10)
Manfaat penelitian
11)
Hipotesis
12)
Hipotesis mencangkup (a)dituangkan
dalam bentuk kalimat pernyataan (b)dirumuskan secara singkat, padat dan jelas
(c) dapat diuji secara impiris (d) menyatakan pertautan antara dua variabel
atau lebih.
13)
Asumsi Penelitian
14)
Ruang lingkup penelitian
15)
Keterbatasan penelitian
16)
Definisi opersaional
17)
Isi Laopran atau Kajian pustaka
18)
Kesimpula dan saran 19) Bagian
Pelengkap
BAB III
KESIMPULAN
1.
Ada
tiga bentuk tulisan dalam menulis akademik yaitu : Makalah, artikel, dan
laporan
2. Karya Tulis ilmiah adalah karangan yang disusun berdasarkan sistematika
keilmuan yang disajikan fakta umum dan ditulis menurut metodologi penulisan
yang baik dan benar. Sedangkan makalah itu sendiri adalah karya
tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup
suatu perkuliahan atau yang berkaitan dengan seminar, simposium, diskusi, atau
kegiatan ilmiah lainnya.
3. Pedoman penulisan karya ilmiah memaparkan bahwa makalah mempunyai beberapa
karakateristik yaitu :
e. Makalah merupakan hasil dari sebuah kajian literatur atau laporan suatu
kegiatan lapangan.
f. Makalah adalah wujud mendskripsikan pemahaman penulis tentang masalah teoririk yang dikaji.
g. Menunjukkan kemampuan penulis terhadap isi dari berbagai sumber yang
digunakan.
h.
Manunjukkan kemampuan
penulis untuk meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis
yang utuh
4.
Sistematika makalah
yaitu judul, abstrak, pendahuluan, metode,pembahasan, simpulan, ucapan
terimakasih, dan daftar pustaka
5.
Artikel artinya sebuah karangan
faktual non fiksi tentang suatau masalah secara lengkap , yang panjang tidak
menentu, untuk dapat dimuat dimedia cetak,
dengan tujuan untuk menyampaikan
gagasan dan fakta yang berguna untuk meyakinkankan, mendidik serta
memecahkan suatu masalah.
6.
Proposal Penelitian adalah rancangan
penelitian mahasiswa yang diajukan untu memenuhi persyaratan kegiatan
penelitian dan seminar proposal serta penentuan SK pembimbing.
7.
Hal-hal penting yang mencangkup
dalam unsur-unsur proposal yaitu latar belakang yaitu latar belakang masalah,
rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis, asumsi penelitian, manfaat
penelitian, runag lingkup penelitian, keterbatasan penelitian, kajian pustaka,
definisi opersaional.
8. Laporan
adalah suatu macam dokumen yang menyampaikan informasi mengenai sebuah masalah
yang telah atau tengah diselidiki dalam bentuk fakta-fakta yang diarahkan
kepada pemikiran dan tindakan yang diambil.
DAFTAR PUSTAKA
Dra.
Isah Cahyani, M.Pd. “Bahasa Indonesia” (Jakarta: Dijen. Pendidikan Islam
Kemenag RI, 2009)
http://staff.undip.ac.id/sastra/fauzan/2012/01/15/tulisan-akademik/
unduhan pukul 13.18
[1]
Dra. Isah Cahyani, M.Pd. “Bahasa Indonesia” (Jakarta: Dijen. Pendidikan Islam
Kemenag RI, 2009),h139
[2]
. Ibid, h.140
[3]
. http://staff.undip.ac.id/sastra/fauzan/2012/01/15/tulisan-akademik/
unduhan pukul 13.18